Penyebab Lamaran Kerja Anda Langsung Ditolak - Dalam melamar kerja pasti kita sering sekali melupakan hal – hal kecil dalam surat lamaran pekerjaan lewat email. Padahal hal – hal kecil itulah HRD menilai keseriusan dan juga menilai ketelitian anda untuk mendapatkan pekerjaan. Perhatikanlah hal – hal kecil tersebut agar bisa memberikan kesan profesional kepada HRD. Berikut inilah penyebab – penyebab lamaran kerja ditolak.
1. Subjek Lamaran Kerja Yang Tidak Jelas
Banyak sekali para pelamar yang mengirim subjek yang membuat HRD kebingungan karena subjek yang tidak jelas seperti “Lowongan Pekerjaan” padahalkan disitu para HRD sedang membuka lowongan pekerjaan dan tidak meminta informasi lowongan pekerjaan, Subjek seperti itulah subjek yang salah. Pada bagian awal agar HRD membuka Surat Lamaran Pekerjaan, hal yang dilihat adalah Subjek pada surat. Berikanlah Subjek Lamaran Pekerjaan dan Posisi jika perlu seperti “Lamaran Pekerjaan – Teknisi”.
2. Menyingkat Kata
Dalam dunia kerja, profesional adalah hal yang utama dan sama seperti seberapa profesionalkah anda dalam melamar kerja? . Untuk menulis tidak disarankan dan JANGAN menyingkat – nyingkat kata seperti sms, chattingan sama temen atau pacar. Sangat memberikan kesan tidak serius pada anda yang suka menyingkat kata sepertI “srt lamaran krja ni sy buat dgn sebenar2nya dan ats perhatian Bpk/Ibu pimpinan sy mengucapkan trima ks”. Tulisah dengan baik dan benar walaupun lewar email tidak ada salahnya bersikap lebih profesional dan formal.
3. Tanggal Yang Kadaluarsa
Pastikan tanggal pada surat lamaran kerja yang anda kirim sudah sesuai dengan waktu pada saat anda mengirim di email. Mungkin untuk bagian tanggal ada beberapa HRD yang memaklumi hal itu, tetapi untuk bagian bulan apalagi tahun HRD sudah menganggap surat tersebut sudah kadaluarsa. Lebih baik anda sesuaikan tanggal, Bulan, dan Tahun pada saat anda mengirim surat lamaran kerja tersebut.
4. Nama File Yang Tidak Sesuai
Jangan asal memberi nama pada file yang akan anda upload dan kirim, karena jika asal – asalan pasti HRD akan kebingungan untuk melihat profil dan data yang anda punya, pastinya mereka pun tidak mau bingung dalam hal tersebut dan langsung memilih yang pelamar yang lain. Pada bagian file seperti CV, Ijasah, dan Sertifikat lainnya, gunakanlah nama file yang sesuai pada isi file tersebut.
5. Ukuran File Rar atau Zip Lebih Dari 2 MB
HRD mengingkan file yang lengkap tetapi ukurannya tidak melebihi batas formal yang biasa dikirim pelamar profesional. 2 MB lebih ringan dari pada 5 atau 10 MB kan?. Untuk masalah data – data yang wajib dikirim tetapi jika ditotal lebih dari 2 MB lebih baik anda kompress data – data itu terlebih dahulu. Biasanya yang membuat ukuran file besar adalah format JPG.
6. Alamat Email Pengirim
Pada bagian Alamat Email inilah yang sangat sering terjadi kesalahan – kesalahan lucu dan fatal seperti menggunakan nama binatang, alay, dan tokoh kartun. Gunakan email yang alamatnya sesuai dengan nama anda, jangan seperti “RudiSangNaruto@nyaho.com, Rizalganteng123@rmail.com” hal itu sangatlah tidak sopan dan terkadang membuat HRD tertawa kecil saat melihat alamat email sepeti itu.
Mungkin sampai sini yang dapat saya tulis dan post hari ini, Hal – hal diatas tadi harus diperhatikan dan dipahami semuanya agar bermanfaat. Saya rasa dengan adanya artikel ini dapat membantu anda mengenai dunia kerja dan silahkan membaca artikel lainnya untuk mengetahui beberapa panduan tentang dunia kerja serta nantikan artikel selanjutnya dari sternaj.blogspot.com.
Terima kasih telah mengunjungi dan membaca artikel Penyebab Lamaran Kerja Anda Ditolak. Anda tidak diperbolehkan untuk menyalin isi dan keseluruhan konten di sternaj.blogspot.com
No comments:
Post a Comment